Minggu, 26 Februari 2012

Upah Layak (yang minimum)

Upah Layak (yang minimum)

Upah adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh pengusaha kepada buruh yang telah bekerja memenuhi tuntutan produksi pengusaha. Pemenuhan hak ini harus memperhatikan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan. Tanggung jawab terhadap pemenuhan hak ini bukan hanya berada pada pihak pengusaha saja, tetapi pemerintah mempunyai kewajiban yang besar untuk melindungi kaum buruh dari kesewenangan pengusaha dalam memberikan upah kepada buruh. Untuk itu, pemerintah membuat suatu ukuran pengupahan yang layak yang diatur dalam peraturan perundang-undangan Negara agar dipatuhi oleh pengusaha. Aturan mengenai pengupahan diatur didalam UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Menteri (Permen) Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) No.17 Tahun 2005 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak. Kedua aturan inilah yang menjadi acuan pemerintah dan pengusaha dalam menetapkan upah bagi buruh. Yang dimaksud dengan upah dalam UU No.13/2003 adalah hak buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha kepada buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan termasuk tunjangan bagi buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan atau jasa yang telah dan akan dilakukannya. Namun, pengertian upah tidak hanya dipahami sebagai imbalan saja sebagaimana diatas, tetapi upah harus dipahami sebagai satu hak yang didapat dan harus sesuai dengan apa yang dihasilkan dari kerja buruh, sehingga ada nilai keadilannya. Didalam Pasal 88 UU No.13/2003 telah jelas dinyatakan,
bahwa setiap buruh berhak mendapatkan penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Untuk memenuhi hal tersebut, maka Pemerintah membuat suatu aturan untuk melindungi buruh, yaitu dengan menetapkan upah minimum sebagai batasan terendah bagi pengusaha dalam membayarkan upah bagi buruh. Penetapan upah minimum harus disesuaikan dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebagaimana amanat UU No.13/2003. Dalam Pasal 1 ayat (1) Permen Nakertrans No.17/2005 disebutkan, KHL adalah standar kehidupan yang harus dipenuhi oleh seorang buruh untuk dapat hidup layak baik secara fisik, non-fisik, dan sosial untuk kebutuhan 1 bulan. Upah minimum ditetapkan oleh Pemerintah. Penetapan upah minimum ini diatur dalam Pasal 89 UU No.13/2003, yang menyebutkan bahwa Upah Minimum terdiri dari upah minimum berdasarkan Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Upah minimum berdasarkan sektor pada Provinsi dan Kabupaten/Kota. Upah minimum ditetapkan oleh Gubernur. Dengan ditetapkannya upah minimum oleh pemerintah yang biasanya ditetapkan setiap tahun, maka pengusaha harus melakukan penyesuaian dan peninjauan terhadap upah para buruh. Dalam melakukan penyesuaian dan peninjauan upah ini, maka pengusaha dilarang untuk membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Hal ini diatur dalam Pasal 90 ayat (1) UU No.13/2003. Pada dasarnya upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 94 UU No.13/2003. Upah pokok merupakan
upah minimum yang ditetapkan oleh Pemerintah. Untuk upah minimum perlu dipahami, bahwa upah minimum hanya berlaku bagi buruh yang masa kerjanya kurang dari 1 tahun. Hal ini disebutkan dalam Pasal 4 ayat (3) Permen Nakertrans No.17 Tahun 2005. Lalu bagaimana dengan buruh yang lebih dari 1 tahun??? Apakah Upah pokoknya juga upah minimum yang ditetapkan oleh Pemerintah???. Bagi buruh yang masa kerjanya lebih dari 1 tahun, untuk menetapkan upah pokoknya harus dirundingkan secara bipartite, yaitu antara Serikat buruh atau buruh dengan pengusaha. inilah yang oleh pengusaha disebut dengan Upah Sundulan. Penetapan upah dalam perundingan ini perlu memperhatikan struktur dan skala upah serta kemampuan dan produktivitas perusahaan. Hal ini diatur dalam Pasal 92 UU No.13/2003. Maka penentuan kenaikan upah bagi buruh yang masa kerjanya lebih dari 1 tahun harus memperhatikan persentase besaran kenaikan upah dan struktur dan skala upah yang terdiri atas golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan kompetensi. Penyesuaian kenaikan upah tersebut harus dirundingkan secara bipartite antara serikat buruh atau buruh dengan pengusaha. Bagi perusahaan yang telah terdapat serikat buruh, maka jika dilakukan perubahan kebijakan harus memberitahu dan merundingkannya terlebih dahulu dengan Serikat Buruh yang ada di lingkungan perusahaannya. Serikat Buruh berhak mengetahui mengenai kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan dan hak-hak buruh. Pembahasan mengenai kenaikan upah (baik upah pokok maupun tunjangan tetap) termasuk pada persoalan hak kepentingan, yang dapat menjadi kesepakatan bersama antara dua pihak yang diperjanjikan dalam perjanjian kerja bersama.

Upah Minimum Regional adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Pemerintah mengatur pengupahan melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 05/Men/1989 tanggal 29 Mei 1989 tentang Upah Minimum.
Penetapan upah dilaksanakan setiap tahun melalui proses yang panjang. Mula-mula Dewan Pengupahan Daerah (DPD) yang terdiri dari birokrat, akademisi, buruh dan pengusaha mengadakan rapat, membentuk tim survei dan turun ke lapangan mencari tahu harga sejumlah kebutuhan yang dibutuhkan oleh pegawai, karyawan dan buruh. Setelah survei di sejumlah kota dalam propinsi tersebut yang dianggap representatif, diperoleh angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) - dulu disebut Kebutuhan Hidup Minimum (KHM). Berdasarkan KHL, DPD mengusulkan upah minimum regional (UMR) kepada Gubernur untuk disahkan. Komponen kebutuhan hidup layak digunakan sebagai dasar penentuan upah minimum berdasarkan kebutuhan hidup pekerja lajang (belum menikah).
Saat ini UMR juga dienal dengan istilah Upah Minimum Propinsi (UMP) karena ruang cakupnya biasanya hanya meliputi suatu propinsi. Selain itu setelah otonomi daerah berlaku penuh, dikenal juga istilah Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).
Lampiran :
Komponen Kebutuhan Hidup Layak untuk Pekerja Lajang dalam sebulan dengan 3.000 K Kalori per hari.
No/Komponen/Kualitas(Kriteria)/Jumlah(Kebutuhan)/Satuan Harga(Rp)/Satuan Nilai sebulan(Rp)

I      MAKANAN DAN MINUMAN
1. Beras                                             Sedang                             10.00             Kg
2. Sumber Protein :
    a. Daging                                       Sedang                               0.75             Kg
    b. Ikan Segar                                 Baik                                    1.20             Kg
    c. Telur Ayam                                Telur ayam ras                   1.00             Kg
3. Kacang-kacangan : tempe/tahu   Baik                                     4.50             Kg
4. Susu bubuk                                   Sedang                               0.90             Kg
5. Gula pasir                                      Sedang                               3.00             Kg
6. Minyak goreng                              Curah                                  2.00             Kg
7. Sayuran                                        Baik                                     7.20             Kg
8. Buah-buahan (setara psng/ppy)  Baik                                     7.50             Kg
9. Karbohidrat lain (setara tepung terigu) Sedang                      3.00             Kg
10. Teh atau                                    Celup                                   1.00             Dus isi 25
       Kopi                                           Sachet                                 4.00             75 gram
11. Bumbu-bumbuan                         (Nilai 1 s/d 10)                  15.00              %
JUMLAH

II     SANDANG
12. Celana panjang/rok                   Katun sedang                      6/12            Potong
13. Kemeja lengan pendek/blouse  Setara Katun                        6/12           Potong
14. Kaos oblong/BH                         Sedang                                 6/12           Potong
15. Celana dalam                             Sedang                                 6/12           Potong
16. Sarung/kain panjang                 Sedang                                 1/12           Helai
17. Sepatu                                       Kulit sintetis                          2/12           Pasang
18. Sandal jepit                                Karet                                    2/12           Pasang
19. Handuk mandi                            100 cm x 60 cm                    1/12           Potong
20. Perlengkapan ibadah                 Sajadah, Mukena                 1/12           Paket
JUMLAH

III    PERUMAHAN
21. Sewa kamar                                 Sederhana                          1.00         1 bulan
22. Dipan/tempat tidur                       No.3 polos                          1/48           Buah
23. Kasur dan bantal                          Busa                                   1/48           Buah
24. Seprei dan sarung bantal             Katun                                  2/12            Set
25. Meja dan kursi                             1 meja/4 kursi                      1/48            Set
26. Lemari pakaian                             Kayu sedang                       1/48           Buah
27. Sapu                                            Ijuk sedang                          2/12           Buah
28. Perlengkapan makan
      1.   Piring makan                          Polos                                    3/12           Buah
      2.   Gelas minum                          Polos                                     3/12          Buah
      3.   Sendok dan garpu                Sedang                                  3/12          Pasang
29. Ceret alumunium                         Ukuran 25 cm                        1/24          Buah
30. Wajan alumunium                        Ukuran 32 cm                        1/24          Buah
31. Panci alumunium                          Ukuran 32 cm                        2/12          Buah
32. Sendok masak                              Alumunium                            1/12           Buah
33. Kompor minyak tanah                  16 sumbu                              1/24           Buah
34. Minyak tanah                               Eceran                                  10.00          Liter
35. Ember plastik                               Isi 20 liter                               2/12           Buah
36. Listrik                                           450 watt                                1.00            Bulan
37. Bola lampu pijar/neon                  25 watt/15 watt                    6/12 atau 3/12       Buah
38. Air Bersih                                     Standar PAM                          2.00             Meter kubik
39. Sabun cuci                                   Cream/deterjen                     1.50             Kg
JUMLAH

IV    PENDIDIKAN
40. Bacaan/radio                              Tabloid/4 band                    4 atau 1/48      Eks atau Buah
JUMLAH

V     KESEHATAN
41. Sarana Kesehatan :
      a.   Pasta gigi                               80 gram                                 1.00           Tube
      b.   Sabun mandi                          80 gram                                 2.00           Buah
      c.   Sikat gigi                                 Produk lokal                           3/12           Buah
      d.   Shampo                                  Produk lokal                           1.00           Btl 100 ml
      e.   Pembalut atau                        isi 10                                      1.00           Dus
            alat cukur                                                                              1.00           set
42. Obat anti nyamuk                        Bakar                                      3.00           Dus
43. Potong rambut                            di tukng cukur/salon                6/12           kali
JUMLAH

VI       TRANSPORTASI
44. Transport kerja dan lainnya      Angkutan umum                       30.00          Hari (PP)
JUMLAH

VII      REKREASI DAN TABUNGAN
45. Rekreasi                                      Daerah sekitar                        2/12            Kali
46. Tabungan                                
(2% dari nilai 1 s/d 45)
JUMLAH
JUMLAH (I+II+III+IV+V+VI+VII)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar